Friday, 21 August 2020

PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA

PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA


Perkembangan Islam di Nusantara
NUSANTARA
itu dihuni oleh penduduk dengan kepercayaan yang beradam. Islam sudah ada di abad ke 7 masuknya, yang bilang abad 13 itu palsu, itu dari SNOUCK HURGRONJE orang Belanda yang memang mencari celah, untuk bisa memutar balikkan fakta sejarah. Yang dia maksudkan perkembangan islam bukan awal datangnya islam.

Majapahit sudah ada waktu itu? Majapahit itu baru muncul tahun 1294, lebih duluan islam, kerajaan di Samudra Pasai 1275, 19 tahun sebelum ada Majapahit kerajaan islam sudah ada. Kata SNOUCK HURGRONJE datangnya di abad 13, buktinya ada kerajaan Samudra Pasai. Apa mungkin orang islam datang ke Aceh langsung bikin kerajaan?

Ternyata islam sudah ada duluan, Hindu juga sudah ada di awal-awal abad ini, Budha juga sudah ada, Animisme, Dinamisme. Begitu islam ada disini, damai situasinya, Silahkan cek, tidak kita temukan pertentangan-pertentangan, yang menghadirkan banjir darah. Yang terjadi justru saking indahnya islam itu datang dengan aturan toleransi, tidak pernah maksa orang untuk masuk islam, dibantu orang sekitaran.

Lasem Jawa tengah tempat pertama kali saudara-saudari kita yang dari Cina merapat ke Nusantara itu lewat Lasem di deket Pantai Caruban, dekat ke arah Bonang. Ke Pasujudan naik ke atas ada yang jaga disitu namanya Pak Abdul Wahid. Itu lewatnya kesitu pemukimannya di Karangturi sampai sekarang.

Teman-teman sekalian, begitu islam sudah mulai datang disitu, kemudian masya Allah bergaul dengan orang sekitar, tidak ada paksaan, nyaman mereka membantu orang sekitaran sampai mereka berkembang luar biasa, sampai datang Laksamana CHENG HO bangun MERCUSUAR di Cirebon, Bangun kemudian mesjid di Semarang, SAM POO KONG itu yang sekarang jadi KLENTENG asalnya mesjid dibangun oleh LAKSAMANA CHENG HO membawa 62 kapal 27.000 pasukan kemudian datang, DINASTI MING itu diajak datang.

Apa yang dilakukan? Membangun bukan memerangi, kedamaian tercipta. Sehingga nah disini Masya Allah banyak yang tertarik rakyatnya masuk islam, bahkan diantara raja terkenal di sunda dari mulai Banten kekuasaannya, sampai ke Bandung sampai ke Ciamis, sampai keperdekatan Cirebon batas Jawa namanya PRABU SILIWANGI ketika ngcek ke wilayah Karawang dia melihat seorang perempuan sedang baca qur'an, cantik bahasanya halus dan indah bahasa qur'annya namanya NYAI SUBANG LARANG Sedang belajar di tempat SYEKH HASANUDDIN.

SYEKH HASANUDDIN guru qur'an baru pulang dari Mekkah maka disebut dengan UMMUL QURO, maka penduduk menyebut dengan SYEKH QURO, sampai sekarang di Karawang ada pesantren quro (SYEKH QURO). Belajar dari situ, tiba-tiba tertarik masuk islam. Masuk islamnya unik, melamar NYAI SUBANG LARANG,  apa kata NYAI SUBANG LARANG? "Anda boleh menikah dengan saya tapi syaratnya harus masuk islam.

Perhatikan perempuan yang keimanannya kuat dalam jiwanya, dia nggak akan tukar agamanya dengan apapun, sekalipun yang dihadapannya seorang yang punya pengaruh luar biasa. Masuk islam, punya anak pertama lahir tahun 1423 namanya WALANGSUNGSANG, Kedua perempuan tahun 1426 namanya RARA SANTANG, yang ketika tahun 1427 namanya RAJA SANGARA (KIAN SANTANG).

Masuk islamlah kemudian, kemudian pergi berangkat ke Mekkah adik kakak (Walangsungsang dengan Rara Santang) begitu sampai di Mekkah setelah menunaikan haji, ganti nama kemudian WALANGSUNGSANG menjadi ABDULLAH IMAN, RARA SANTANG menjadi SYARIFAH MUDAIM. Bertemulah disitu kemudian dengan salah seorang anak AHMAD JUMADIL QUBRO.

AHMAD JUMADIL QUBRO itu seorang ulama besar berasal dari Mesir berdakwah di NUSANTARA. Punya 2 anak, 1 namanya MAULANA ISHAQ dibawa kesini, yang ke 2 SYARIF ABDULLAH tinggal di Mesir. Maka dilamarlah oleh SYARIF ABDULLAH lewat kakaknya, disetujui SYARIFAH MUDAIM di bawa langung ke Mesir tinggal 20 tahun melahirkan seorang anak diberi nama SYARIF HIDAYATULLAH.

Belajar selama 20 tahun dengan IBNU ATHA'ILLAH AS SAKANDARI dan sebagainya, pulang kemudian ke NUSANTARA bertemu dengan kakeknya yang sedang berada di pegunungan jati. Datang kesitu, diberikan keluasan wilayah, yang kemudian diberi gelar SUNAN GUNUNG JATI.

Teman-teman sekalian. SYARIF ABDULLAH ini ternyata anak salah seorang ulama yang juga berdakwah di Nusantara. Lihat Madrasah nabi, melahirkan seseorang, datang ke Baros, menyebar. Dari Baros punya keturunan, menyebar lagi. Dakwah.. Dakwah.. Dakwah. Dari situ muncul kemudian peradaban, kehebatan, kemajuan.

SYARIF ABDULLAH punya anak namanya SYARIF HIDAYATULLAH, menguasai gunung jati, SYARIF ABDULLAH ternyata adiknya dari MAULANA ISHAQ. MAULANA ISHAQ adalah anaknya AHMAD JUMADIL QUBRO. Dari MAULANA ISHAQ itulah kemudian melahirkan KH. AHMAD DAHLAN. KH. AHMAD DAHLAN nama aslinya MUHAMMAD DARWIS.

Beliau belajar dengan saudaranya MUHAMMAD HASYIM BIN ASHARI Pertama kali belajar dengan KH. SOLEH DARAT di Semarang. Kemudian berangkat ke Mekkah belajar dengan AHMAD KHATIB AL-MINANGKABAWI dengan SYEKH AT-TARMASI belajar disana, kembali lagi kemudian MUHAMMAD DARWIS berubah menjadi KH. AHMAD DAHLAN BIN KH. ABU BAKAR BIN KIYAI ILYAS BIN KIYAI SULAEMAN BIN KIYAI MURTADHO BIN DEMANG JURANG JURU KAPINDO BIN DEMANG JURU SAPISAN BIN KIYAI GRIBIK BIN MAULANA ISHAQ Beliau mendirikan MUHAMMADIYAH tanggal 18 November 1912.

Sama persis nasbnya dengan KH. MUHAMMAD HASYIM BIN ASHARI yang mendiikan NAHDATUL ULAMA tanggal 31 Januari 1926 Beliau KH. MUHAMMAD HASYIM BIN ASHARI BIN ABDUL WAHID BIN ABDUL HALIM (Pangeran Benawa/Sultan Hadiwijaya/Joko Tingkir) BIN ABDUL AZIZ BIN ABDURRAHMAN BIN MAULANA ISHAQ walid RADEN AENUL YAQIN.

Siapa MAULANA ISHAQ itu? Anaknya AHMAD JUMADIL QUBRO. Siapa AHMAD JUMADIL QUBRO itu? Keturunan ALI ZAENAL KABIR. ALI ZAENAL KABIR anaknya ALI ZAENAL ABIDIN. ALI ZAENAL ABIDIN keturunan dari AL-HUSAIN. AL HUSEN adiknya AL HASAN. AL HASAN anaknya ALI BIN ABI THALIB RA. ALI BIN ABI THALIB suaminya FATIMAH AZZAHRA. FATIMAH AZZAHRA putri MUHAMMAD SAW.

Semoga bermanfaat
Like Video ceramahnya disini


Pemateri: Ustadz Dr. Adi Hidayat, Lc., MA.
Editing : Ibnu Hibban

No comments:

Post a Comment

SHOLAWAT VERSI SUNDA

SHOLAWAT KAJUNGJUNGAN Sholawat kajungjunan, ieu teh kaunggulan Kasaban kaagungan, eta anu ngungkulan 3X Wajib ka sadayana, terang kaunggulan...