Friday, 4 September 2020

Ringkasan Materi Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS 6
Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 
Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan



(Tugas Luring Tanggal 25 Agst - 02 Sept 2020)
Dikumpulkan tanggal 03 September 2020


Nama Siswa    : ………………………………..
Kelas         : VI (Enam)
Sekolah         : SDN KERTASARI 01


Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 1 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa



Ringkasan Materi
Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Pembelajaran 1 (Tugas Hari Pertama)

Tahukah kamu harimau sumatra, orangutan dari Kalimantan, atau Badak Bercula Satu dari Ujung Kulon? Hewan-hewan tersebut merupakan jenis hewan Indonesia yang dilindungi karena langka. Apa yang menyebabkan hewan tersebut menjadi langka?

Ayo, kita cari tahu!

Ayo membaca

Bertambahnya jumlah penduduk dunia dan semakin meningkatnya kepentingan manusia menyebabkan hutan di dunia semakin terancam kelestariannya. Apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian hutan dan hewan di dalamnya? kepentingan manusia menyebabkan hutan di dunia semakin terancam kelestariannya. Apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian hutan dan hewan di dalamnya?

Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. Tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

Bertambahnya jumlah penduduk menjadi penyebab utama berkurangnya hutan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Pembangunan gedung dan perumahan menjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya. Perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Ayo Menulis

Carilah informasi tentang satu jenis hewan yang menjadi ciri khas di wilayah tempat tinggalmu. Lakukan investigasi untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang hewan tersebut dan tuliskan dalam bentuk laporan.

Tulisanmu harus mencantumkan hal-hal berikut.
1. Ciri-ciri khusus dan habitat asli 
2. Manfaat hewan 
3. Jumlah populasinya saat ini 
4. Penyebab kelangkaan 
5. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk 
    melindungi kelestariannya 
6. Langkah-langkahmu sebagai pelajar untuk melindungi kelestariannya.
 

Ayo Berdiskusi

Kamu sudah belajar bagaimana membuat kesimpulan yang baik. Sekarang kamu akan mempraktikkan keterampilan tersebut.

Bacalah kembali teks ‘Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia’.

Hewan dan tumbuhan telah memberikan manfaat yang luar biasa, bukan hanya untuk penduduk Indonesia, namun juga penduduk di Asia Tenggara. Kondisi geografis yang sama membutuhkan pengaturan dan pemikiran agar penduduk dapat hidup berdampingan dalam memanfaatkan kondisi alamnya.
Simak teks berikut.

Kawasan Asia Tenggara merupakan wilayah yang luas perairannya lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Keputusan-keputusan terkait permasalahan kelautan banyak dibahas oleh sebagian besar negara-negara ASEAN.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda-berbeda, namun pada dasarnya semua berbentuk Republik, kecuali Thailand, Kamboja, Laos, Malaysia, dan Brunei Darussalam yang berbentuk Kerajaan. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Asia Tenggara adalah bercocok tanam. Oleh sebab itu, kerjasama di bidang produksi hasil pertanian dan perkebunan dibahas bersama di Bali tahun 2003.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang kondisi politik negara-negara ASEAN, bacalah teks bacaan berikut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Ringkasan Materi
Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Pembelajaran 2 (Tugas Hari Kedua)

Kamu sudah belajar tentang hewan selama satu minggu. Banyak hal yang kamu pelajari. Kamu sudah tahu bagaimana hewan berkembang biak dan jenis hewan yang hidup di negara-negara ASEAN. Menarik bukan?

Ayo Berdiskusi

Cermati beberapa sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila berikut ini!

Buatlah hubungan dengan menggunakan tanda panah yang menghubungkan antara sikap dengan sila Pancasila yang sesuai.

buatlah hubungan antar siakp dibuku tulismu ! bacakan ketika ada pertemuan daengan gurumu.


Bacalah dengan seksama

Lina memiliki seekor kucing. Ia sangat menyayanginya. Kucing Lina senang bermain. Terkadang Lina mengajaknya bermain di taman atau di halaman rumah. Kalau Lina sedang bersekolah atau sedang berpergian, kucing Lina bermain sendiri. Memanjat atap rumah, berguling, atau bermain dengan bola adalah hal yang disukainya.

Pagi ini Lina sangat sedih. Kucingnya terjatuh dari atap rumah. Saat Lina mendekati kucingnya, Lina melihat kaki kiri kucing terluka. Lina panik.

Tetangga Lina adalah seorang dokter hewan. Lina membawa kucingnya ke sana. Dokter hewan sangat teliti mengobati kucing Lina. Ia memasang perban untuk menutupi luka kucing.

Setelah diobati, Lina membawa kucingnya pulang. Ia senang karena kucingnya sudah bisa berjalan kembali.

Tuliskan tentang sikap Lina terkait pengamalan pancasila!

Ayo Berkreasi!

Sebelumnya kamu telah membuat patung Nusantara dari tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin buatanmu. Sekarang kamu akan memberi motif dan warna pada patung tersebut agar terlihat menarik.

Siapkan peralatan dan bahan yang kamu perlukan berikut ini.

Bahan:
1. Cat akrilik atau cat minyak, berbagai warna sesuai selera 
2. Koran bekas untuk alas bekerja 
3. Air untuk campuran 
4. Patung Nusantara yang telah kering

Peralatan:
1. Kuas (besar kuas tergantung kebutuhan) 
2. Palet atau wadah lain untuk mencampur cat  
3. Langkah Pewarnaan: 
1. Campurkan warna cat yang kamu pilih dengan air, secukupnya. 
2. Aduk dalam palet atau wadah lain. 
3. Pastikan patung nusantaramu sudah kering sempurna. 
4. Warnai patungmu sesuai selera.


Ayo Berlatih

Limbah yang disebabkan oleh kulit/ cangkang telur ayam semakin hari semakin banyak. Apabila dibiarkan terus menerus akan memengaruhi lingkungan. Untunglah ada pengusaha pengguna cangkang telur. Para pengusaha memanfaatkan kulit telur untuk menghasilkan produk kerajinan


Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 3 Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Pembelajaran 3 (Tugas Hari Ketiga)


Apakah kamu pernah memperhatikan hewan berlari? Apa perbedaan cara hewan berlari dengan manusia? Mengapa makhluk hidup diberi keterampilan berlari? Untuk memahaminya, ayo kita pelajari sambil mempraktikkannya.

Ayo mengamati

Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel kelamin jantan (benang sari) dan sel kelamin betina (putik).

Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan.