Monday, 1 March 2021

Tema 7 Kepemimpinan_Subtema 2 Pemimpin Idolaku

BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
TEMA 7 KEPEMIMPINAN 
SUBTEMA 2 PEMIMPIN IDOLAKU

(Tugas Daring Tanggal 01-03-2021 - 06-03-2021)




Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01


Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 7 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa


Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 1 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 53-55

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki. Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah kamu memiliki seorang pemimpin idola? Siapakah dia? Mengapa kamu mengidolakannya?

Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan contoh kegiatan yang telah dilakukannya.

Jawaban :
Saya memiliki pemimpin idola. Pemimpin idola saya adalah Bapak Kepala Sekolah. Saya mengidolakannya karena dia baik, tegas, dan perhatian.
Nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan persatuan dan kesatuan.
Bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Contoh kegiatan : Beliau selalu meminta kami untuk selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan. Selain itu, beliau juga meminta selalu bersyukur dan berteman dengan berbeda agama.
Toleransi
Contoh kegiatan : Beliau selalu menyuruh siswanya untuk toleransi.
Bijaksana
Contoh kegiatan : Beliau selalu menyelesaikan permasalahan dengan bijaksana.


Halaman 56-58 Ayo Membaca
Judul Bacaan Pamanku, Lurah Idola

Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai persatuan? Tulislah contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat kamu berada di sekolah. Jangan lupa sertakan manfaatnya bagimu dan lingkungan sekitarmu.

Jawaban :
1. Berteman dengan teman yang berbeda agama manfaat banyak memiliki teman.
2. Toleransi manfaat tidak terjadi pertengkaran.
3. Saling menghormati antar teman manfaat sekolah menjadi aman.


Halaman 59-60
Buatlah rencana pidato yang mengajak teman sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk belajar membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.

Jawaban :
Contoh pidato mengajak teman sekolah membantu warga belajar membaca.

Selamat pagi teman-teman,

Sebagai seorang siswa yang nanti akan menjadi generasi penerus bangsa, kita harus memiliki sikap peduli terhadap lingkungan. Bila kita perhatikan, di lingkungan sekitar sekolah ini banyak masyarakat yang belum bisa membaca. Hal ini disebabkan karena dulu mereka belum sempat mengenyam pendidikan. Oleh karena itu teman-teman, dalam kesempatan ini saya ingin mengajak teman-teman untuk peduli terhadap mereka dengan cara mengajari mereka membaca.

Teman-teman, ilmu yang kita peroleh di sekolah ini selama enam tahun sepertinya sudah cukup jika kita pergunakan untuk mengajari warga di lingkungan sekolah kita ini untuk membaca. Kita akan melakukan kegiatan itu di sekolah. Ayo luangkan waktu teman-teman untuk datang ke sekolah dari pukul 15.00-16.30. Kita akan bersama-sama mengajari warga tersebut sampai mereka mahir membaca.
Untuk mengawali kegiatan tersebut, tentu kita harus mempersiapkan banyak hal. Yang pertama adalah melakukan pendataan warga yang belum bisa membaca. Nanti sore, kita akan berkunjung ke rumah Pak RT, agar dibantu untuk mendata warga yang belum bisa membaca.

Selanjutnya, kita akan mempersiapkan buku yang akan digunakan sebagai bahan ajar bagi mereka. Kita bisa menggunakan buku yang ada di perpustakaan. Kita bersama-sama mengumpulkan buku yang sesuai untuk mereka.

Teman-teman, kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar jika kita tidak lakukan bersama-sama. Oleh karena itu, saya mengajak teman-teman, marilah kita bersatu berjuang untuk meningkatkan kualitas warga dengan cara mengajari mereka membaca. Tentu ini adalah sebuah bentuk perjuangan kita dalam mengisi kemerdekaan.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Besar harapan saya teman-teman bisa ikut mendukung kegiatan kita ini. Atas perhatian dan dukungan teman-teman saya ucapkan terima kasih.



Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 2 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 61-63 Ayo Mengamati

Bacalah teks berikut!
Bagong Kussudiarjo

Halaman 63 Ayo Menulis
Kamu telah membaca teks “Bagong Kussudiarjo”. Sekarang, kerjakan tugas berikut.

1. Tuliskan informasi-informasi penting mengenai Pak Bagong Kussudiarjo dari teks bacaan “Bagong Kussudiarjo”. Gunakan kosakata baku.

Jawaban :
Bapak Bagong Kussudiarjo adalah seorang seniman yang berasal dari Yogyakarta. Iya adalah seorang pencipta tari-tari klasik. Selain itu, dia juga mahir dalam puisi, seni lukis, seni patung, dan seni batik kontenporer.

Bapak Bagong mendirikan pusat pelatihan dan padepokan seni. Di sana dia mengembangkan kesenian ketoprak, karawitan dan Sinden. Atas karyanya, Pak Bagong mendapat anugerah Karya Cipta Putra Bangsa dan Penghargaan dari Sri Paulus VI.

2. Carilah informasi mengenai judul-judul karya tari ciptaan Pak Bagong Kussudiarjo!

Jawaban :
judul-judul karya tari ciptaan Pak Bagong Kussudiarjo adalah Gema Nusantara, Layang-layang, Satria Tangguh, Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih, Bedaya Gendeng, Keris, Reog, Tani, Yapong, Batik, Wirapertiwi, dan Bayangkari.


3. Carilah informasi mengenai tokoh tari dari daerahmu, baik seorang pencipta tari, penari, atau pemimpin sanggar tari.
Jawaban : Jawaban bebas sesuaikan dengan tokoh dari daerah kalian tinggal.

Halaman 64-70 Ayo Mengamati
Bacalah teks berikut: Tari Daerah Berpasangan

Halaman 71 Ayo Berdiskusi
Bersama kelompokmu, diskusikan cara-cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kalian dapat mencari informasi dari buku atau menanyakan kepada Bapak/Ibu guru. Jika membuka internet, mintalah untuk didampingi Bapak/Ibu guru. Buatlah kelompok anak-anak perempuan terpisah dari anak laki-laki. Tuliskan hasil diskusimu, lalu diskusikan dengan kelompok-kelompok lain.

Jawaban:
Cara menjaga kesehatan reproduksi untuk anak laki-laki
1. Membersihkan alat kelamin setiap mandi.
2. Mengganti celana dalam setiap hari.
3. Tidak menahan kencing.
4. Banyak minum air.

Cara menjaga kesehatan reproduksi untuk anak perempuan
1. Saat menstruasi agar sering mengganti pembalut dan celana dalam.
2. Menjaga alat kelamin agar tidak lembab.
3. Tidak menahan kencing
4. Banyak minum air


Halaman 71 Ayo Berkreasi
Coba, buatlah rencana karya berisi cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kerjakan bersama kelompokmu. Kamu dapat membuat poster atau buklet sederhana. Tuliskan rencana karya yang akan kamu buat dalam bentuk seperti berikut.

Jawaban:
Rencana Karya
Jenis Karya : Poster
Bahan dan Alat : Penggaris, pensil, spidol, pensil warna, dan kertas manila
Isi dalam karya : Cara-cara menjaga kesehatan reproduksi.




Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 3 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 73-75 Ayo Membaca
Judul bacaan: Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku

Halaman 75-77 Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola?
Jawaban: Karena kepala sekolah menjunjung nilai-nilai persatuan, pekerja keras, menyayangi siswanya, dan ingin memajukan siswanya.

2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan!
Jawaban: Kepala sekolah sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan. Hal ini tampak dari siswa-siswanya yang mau rukun, bermain bersama walaupun asal mereka berbeda-beda.

3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!
Jawaban: Kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan hal ini tampak dari usahanya mengirimkan Sudin yang anak desa untuk mengikuti lomba pidato di kota, iya menyelenggarakan musayawarah dengan guru untuk mengumpulkan dana dengan cara melelang pisang.

4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?
Jawaban: Agar Sudin memperoleh pengalaman berharga mengikuti lomba pidato.

5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?
Jawaban: Kepala sekolah yang ada dalam cerita tersebut adalah sosok yang bekerja keras, kreatif, tidak pantang menyerah, dan mengamalkan nilai-nilai persatuan

6. Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!
Jawaban: Sudin dapat mengikuti kompetisi itu berkat usaha dari kepala sekoah, guru, dan teman-temannya yang melakukan acara penggalangan dana melalui lelang pisang.

7. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?
Jawaban: Hubungan antara Bupati, Kepala Dinas dan Pejabat Daerah lainnya sangat baik. Di mana mereka mau datang menghadiri acara lelang yang diselenggarakan oleh kepala sekolah. Selain itu, mereka dengan sukarela mau membeli pisang yang uangnya dipergunakan untuk membiayai keberangkatan Sudin ke kota.

Berdasarkan jawabanmu buatlah tulisan mengenai Pak Welly.
Jawaban: Pak Weli adalah seorang kepala sekolah di sebuah desa terpelosok. Siswanya dari berbagai daerah. Dia selalu menanamkan nilai-nilai persatuan. Hal ini yang menyebabkan siswanya selalu rukun dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Kamu sudah mengetahui nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah Sudin yang telah mengamalkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar sekolah. Tulislah perilakumu yang merupakan wujud dari nilai-nilai tersebut dan telah kamu praktikkan di lingkungan rumahmu.
Jawaban:
1. Selalu rukun dengan teman.
2. Tidak membeda-bedakan teman.
3. Bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan.


Halaman 78-80 Ayo Menulis
Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupanmu sehari-hari.
Jawaban :
Contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupan sehari-hari.
1. Bermusyawarah dalam menentukan perangkat kelas.
2. Bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan.
3. Menghormati perangkat kelas hasil musyawarah.
4. Menghormati hasil musyawarah.
5. Tidak memaksa orang lain untuk membantu kita dalam melakukan sesuatu.
6. Lebih mengutamakan gotong royong membersihkan lingkungan daripada menonton acara kesukaan di TV.


Halaman 79 Ayo Mencoba
Tuliskan hasil laporanmu dalam bentuk yang menarik. Kamu dapat membuatnya dalam bentuk paparan atau diagram.

Jawaban :
Pendidikan
• Melakukan pertukaran pelajar antar negara ASEAN.
• Melakukan pertukaran guru antar negara ASEAN.
• Indonesia membuka kesempatan bagi negara lain untuk belajar di Indonesia.
• Mendukung pembentukan ASEAN culture found sebagai wadah penghimpunan dana. Hal itu untuk membiayai perkembangan kebudayaan dan pendidikan.

Pangan
• Indonesia sebagai tempat didirikan pabrik pupuk hasil kerjasama ASEAN.
• Sebagai salah satu penyedia cadangan pangan ASEAN.

Sosial
• Mendukung komite Perkembangan sosial dengan tujuan utamanya membangun masyarakat, wanita, pemuda dan buruh. Maskas komite ini berkedudukan di Kuala Lumpur.
• Berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba di kawasan ASEAN.

Kesehatan
• Ikut dalam penanganan virus flu burung di kawasan ASEAN

Pariwisata
• Indonesia menjadi tempat kunjungan wisata dari warga negara ASEAN.


Halaman 81 Ayo Menulis
Tulislah rancangan pidato singkat untuk mengajak teman-temanmu gemar membaca. Ingatlah teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.
Salam pembuka
Selamat pagi

Pendahuluan
Menyampaikan pentingnya membaca

lnti
Menyampaikan manfaat membaca
Mengajak untuk gemar membaca

Penutup
Merangkum pidato

Salam penutup
Terima kasih



Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 4 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 83-84 Ayo Membaca
Judul Bacaan: Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas

Halaman 85-87 Ayo Membaca
Bacalah teks pidato Sudin

Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu dapat menilai pidatonya dengan memberi tanda ceklis (v) pada kolom berikut yang sesuai.

No.

Kriteria

Ada

Tidak Ada

1.

Teks pidato memiliki bagian pembuka

V

 

2.

Teks pidato memiliki bagian inti

V

 

3.

Bagian inti teks pidato menjelaskan tentang topik yang dibahas dengan lengkap

V

 

4.

Bagian inti teks pidato memuat contoh-contoh yang mendukung topik

V

 

5.

Teks pidato memiliki bagian penutup

V

 

6.

Teks pidato memiliki kalimat ajakan

V

 

7.

Teks pidato memberi inspirasi bagi pembaca

V

 

8.

Sebagian besar kata yang digunakan dalam teks menggunakan kosa kata baku

V

 



Kamu dapat menuliskan kesimpulan penilaianmu di bawah ini.
Jawaban: Pidato yang disampaikan sudah memuat unsur-unsur pidato dengan lengkap. Selain itu, pidato juga telah menggunakan kosa kata baku.

Halaman 88 Ayo Membaca
Judul bacaan: Kerja Sama Bidang Sosial Budaya Negara-Negara ASEAN

Halaman 89 Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai tahun dan tempat penyelenggaraan SEA-Games. Carilah informasi penyelenggaraan SEA-Games pertama dan lima penyelanggaraan terakhir. Catatlah dalam bentuk tabel sebagai berikut.

Jawaban :

SEA-Games

Tahun

Negara

Kota

I

1959

Thailand

Bangkok

XXV

2009

Laos

Vientine

XXVI

2011

Indonesia

Jakarta dan Palembang

XXVII

2013

Myanmar

Naypyidaw

XXVIII

2015

Singapura

Singapura

XXIX

2017

Malaysia

Kualalumpur





Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Pembelajaran 5 (Hari Jum’at, 5 Maret 2021)

Halaman 91-93 Ayo Membaca
Judul Bacaan: Unsur Tari

Halaman 94 Ayo Berdiskusi
Semangat bermusyawarah untuk mufakat yang telah dilakukan oleh warga sekolah Sudin merupakan pencerminan dari pengamalan sila keempat Pancasila “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

Dalam kelompokmu, ayo sampaikan contoh-contoh kegiatan bermusyawarah di lingkungan sekitarmu. Tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawaban:

Semangat kekeluargaan

Bermusyawarah

Gotong Royong

Menengok tetangga yang sakit

Memilih ketua RT

Membersihkan lingkungan

Membantu tetangga yang punya acara

Menyelesaikan sengketa

Memperbaiki tempat ibadah

Membantu tetangga yang terkena musibah

Menyelesaikan permasalahan

Membangun jembatan

Membantu tetangga yang kesusahan

Merencanakan pembangunan

Memperbaiki balai desa


Dalam kehidupanmu di sekolah, musyawarah sangatlah penting. Kalian bisa bermusyawarah dalam berbagai kegiatan. Namun, ada kalanya kalian tidak dapat melakukan musyawarah. Salah satunya ketika kalian mengerjakan tes atau ujian.

Diskusikanlah dengan kelompokmu tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dengan musyawarah dan kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan sendiri. Tulislah hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut :

Jawaban:

Kegiatan yang Dilakukan dengan Bermusyawarah

Kegiatan yang Tidak Dapat Dilakukan dengan Bermusyawarah

Memilih perangkat kelas Merencanakan kegiatan liburan Menyelesaikan permasalahan Membentuk kelompok

Mnegerjakan ulangan Mengerjakan tugas individu Membersihkan kelas Membuat karangan



Halaman 95-96 Ayo Membaca
Simak contoh berikut. Bacalah teks ini bersama temanmu. Judul bacaan: “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”.

Halaman 97 
Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang cerita di atas. Berikan pertanyaanmu kepada teman di sebelahmu untuk dijawab. Tulislah pertanyaanmu pada tempat di bawah ini.

Jawaban:
1. Mengapa Ida dipilih menjadi ketua kelas?
2. Mengapa Ida tidak mau memberikan Gugut mencotek saat ulangan?
3. Mengapa Gugut ingin mencotek saat ulangan?
4. Menurutmu bagaimana sikap Ida yang tidak memberikan Ida mencotek pekerjaannya?
5. Menurutmu apa yang seharusnya dilakukan Gugut saat ulangan?





Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 2 Pemimpin Idolaku
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 6 Maret 2021)

Halaman 99 Ayo Berlatih
Halaman 100 Ayo Mencoba

EVALUASI

1. Tulislah satu orang pemimpin yang kamu kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya (paling sedikit tiga), contoh kegiatannya, serta manfaatnya bagi orang-orang di sekitarnya.

Jawaban:
Satu orang pemimpin yang saya kenal adalah Bapak saya. Nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya yaitu: keteladanan, kedisiplinan, kerja keras, bijaksana, tenggang rasa
Contoh kegiatannya:
1. Setiap hari memberi teladan kepada anak-anaknya mulai dari bangun pagi, sebelum bekerja selalu berdoa.
2. Melakukan sesuatu selalu disiplin dan tepat waktu
3. Tidak pernah mengeluh, dan selalu bekerja keras untuk menafkahi keluarga
4. Jika anak-anaknya mengeluh terhadap sesuatu, beliau selalu memberikan nasihat yang bijaksana.
5. Jika ada tetangga yang memerlukan bantuan, beliau selalu ringan tangan untuk membantu.

Manfaat bagi orang-orang di sekitarnya:
1. Karena Bapak selalu memberi teladan, anak-anak mejadi terbiasa mengikuti keteladanan dan kedisiplinan Bapak. Sehingga suasana rumah menjadi tertib dan teratur.
2. Kerja keras Bapak menyebabkan semua anak-anaknya dapat bersekolah.
3. Kebijaksanaan Bapak membuat keluarga menjadi damai.
4. Karena tenggang rasa yang dimiliki oleh beliau, Bapak menjadi orang yang dihormati dan disegani oleh para tetangga.

2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan.

Jawaban:

KEPEMIMPINAN YANG BAIK
Contoh Kepemimpinan yang Baik
1. Seorang kepala desa yang ketika bawahan mengalami kesulitan dalam pekerjaan, mau membantu dan ikut memikirkan solusi yang terbaik.
2. Seorang dokter yang ketika pasiennya mengeluh mengenai sakit yang dimiliki, dokter tersebut mampu menenangkan dan memberikan penjelasan dengan sabar.

Ciri-Ciri Kepemimpinan yang Baik
Seorang pemimpin yang baik memiliki nilai melayani, disiplin, rendah hati dan bekerja sepenuh hati, mau terus belajar dari siapa saja, memikirkan kepentingan orang lain, dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Pengertian Kepemimpinan yang Baik
Kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang mampu membawa pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu. Pemimpin tidak akan pernah bisa mencapai tujuannya apabila tidak bisa bekerja sama.

Contoh Kepemimpinan yang Kurang Baik
1. Seorang pemimpin yang hanya bisa memerintah dan memberikan tugas, kemudian tinggal menagih hasilnya saja.
2. Seorang pemimpin yang jarang menghargai pendapat orang lain. Tak mau memberi kesempatan pada anggotanya untuk menyampaikan gagasan maupun ide.

3. Tuliskan berbagi kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Tuliskan paling sedikit lima jenis kegiatannya.
Jawaban:
1. Membantu tetangga yang terkena musibah
2. Bergotong royong membersihkan lingkungan
3. Menjenguk teman atau tetangga yang sedang sakit
4. Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan misalnya dengan melakukan ronda
5. Melakukan berbagai lomba dalam rangka perayaan hari kemerdekaan.

4. Tuliskan tiga cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan.
Jawaban:
1. Menghormati hak-hak orang lain
2. Menghargai pendapat orang lain
3. Tidak mengadu domba teman
4. Tidak melakukan kecurangan dalam segala hal
5. Tidak mengejek atau membully orang lain
6. Tidak mengganggu orang yang sedang melaksanakan ibadah


5. Apa keunikan tari Zapin dari Aceh?
Jawaban:
Keunikan tari zapin yaitu tarian ini berasal dari Arab. Di Indonesia tarian ini mendapat sentuhan budaya Indonesia sehingga tarian ini merupakan hasil akulturasi budaya antara Arab dan Indonesia.

6. Bagaimana sikapmu jika pada saat berdiskusi, ada perbedaan pendapat dengan temanmu?
Jawaban: 
Menghargai pendapat teman tersebut dengan cara memberikan kesempatan untuk berpendapat. Jika pendapat kita berbeda, kita harus menjelaskan pendapat kita dengan cara yang sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.



PENILAIAN HARIAN 
Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 2 Pemimpin Idolaku

Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf a, b, c Atau d Pada Jawaban Yang Benar!
1. Seorang pemimpin bisa menjadi idola anggotanya, salah satunya karena pemimpin itu bisa ….
a. Menjadi panutan yang baik
b. Diatur oleh para anggotanya
c. Menjadi sosok yang tegas menakutkan
d. Melakukan kesewang-wenangan

2. Pemimpin yang baik akan selalu berusaha mengajak anggota yang dipimpinnya untuk senantiasa ….
a. Mencari keuntungan pribadi
b. Menjalankan peraturan dengan baik
c. Memusuhi kelompok lain yang berseberangan
d. Mendukungnya walau salah

3. Sifat-sifat berikut ini yang dimiliki oleh pemimpin yang baik adalah ….
a. Tamak, serakah dan sewenang-wenang
b. Pemberani, tegas dan suka marah-marah
c. Cerdas, licik dan mencari untung sendiri
d. Jujur, adil dan peduli terhadap anggota

4. Kepala Desa Tambakromo sering berkeliling desa untuk memastikan bahwa semua warganya hidup dengan layak. Hal yang dilakukan kepala desa Tambakromo tersebut merupakan contoh sikap pemimpin yang baik, yaitu berupa ….
a. Rela berkoban untuk para warga
b. Bertindak dengan jujur
c. Menghargai pendapat orang lain
d. Perhatian terhadap seluruh anggota

5. Perbuatan berikut ini yang mencerminkan penerapan nilai dari sila ketiga Pancasila adalah ….
a. Menghindari perkelahian dengan siswa lain
b. Mengejek teman yang berbeda daerahnya
c. Berbuat adil kepada semua teman
d. Menghargai pendapat ketika musyawarah

6. Kegiatan di sekolah berikut ini yang memuat nilai persatuan adalah ….
a. Ulangan kenaikan kelas
b. Kerja bakti membesihkan halaman
c. Berlatih membaca pidato di depan kelas
d. Berkelahi dengan siswa beda kelas

7. Sesuai dengan sila keempat Pancasila, maka jika ada persoalan yang melibatkan orang lain sebaiknya kita selesaikan dengan cara ….
a. Lapor polisi
b. Musyawarah
c. Kekerasan
d. Kekuatan dan uang

8. Contoh sikap yang merupakan penerapan nilai-nilai dari sila keempat Pancasila adalah ….
a. Selalu menghormati dan menghargai pendapat orang lain
b. Berusaha mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan
c. Mengambil keputusan berdasarkan kemauan sendiri
d. Memaksa setiap orang dengan kekuatan yang dimiliki

9. Tari Zapin adalah contoh tari berpasangan. Tarian tradisional ini berasal dari daerah ….
a. Sumatra Barat
b. Jawa Tengah
c. Sulawesi Utara
d. Riau

10. Berikut ini merupakan contoh tarian dengan jenis tari berpasangan, kecuali ….
a. Tari serampang dua belas dari Sumatra Utara
b. Tari Saman dari Aceh
c. Tari Bambangan-Cakil dari Jawa Tengah
d. Tari legong dari Bali


Kunci Jawaban
1. a. Menjadi panutan yang baik
2. b. Menjalankan peraturan dengan baik
3. d. Jujur, adil dan peduli terhadap anggota
4. d. Perhatian terhadap seluruh anggota
5. a. Menghindari perkelahian dengan siswa lain
6. b. Kerja bakti membesihkan halaman
7. b. Musyawarah
8. a. Selalu menghormati dan menghargai pendapat orang lain
9. d. Riau
10. b. Tari Saman dari Aceh


No comments:

Post a Comment

SHOLAWAT VERSI SUNDA

SHOLAWAT KAJUNGJUNGAN Sholawat kajungjunan, ieu teh kaunggulan Kasaban kaagungan, eta anu ngungkulan 3X Wajib ka sadayana, terang kaunggulan...