Monday, 8 March 2021

PAI-BP Kelas 6 Pelajaran 8 Senangnya Berkahlak Terpuji


MATERI PELAJARAN ONLINE SDN KERTASARI 01
RINGKASAN MATERI PAI-BP KELAS 6
Pelajaran 8 " SENANGNYA BERAKHLAK TERPUJI”
Tugas hari Senin, 8 Maret 2021

Akhlak terpuji yang harus kita miliki diantaranya adalah:

A. Berbaik Sangka

Berbaik sangka (husnuzzan) adalah menduga yang baik terhadap sesuatu. Seorang siswa harus selalu berbaik sangka atau berpikir positif terhadap orang tua, guru atau teman. Berpikir positif adalah perilaku terpuji. Lawan kata berbaik sangka adalah berburuk sangka atau prasangka. Siswa yang baik akan menghindari prasangka buruk terhadap orang lain.

Firman Allah SWT di dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat:12 berbunyi:


Artinya: ”Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."

Ayat tersebut di atas didukung pula oleh hadis Rasulullah SAW, yaitu :


”.... Hati-hati kalian dari prasangka buruk karena prasangka buruk itu adalah sedusta-dusta ucapan. Dan janganlah kalian memata-matai.” (HR Bukhari dan Muslim)

B. Simpati

Simpati berarti: rasa kasih, rasa setuju dan rasa suka. Kata simpati dapat diartikan sebagai perasaan kebersamaan secara sosial hingga seseorang dapat merasakan perasaan orang lain, (biasanya suatu perasan sedih) dalam dirinya sendiri. Contohnya saat kita mengetahui orang lain mendapat musibah, seperti orang tuanya meninggal dunia, kita dapat merasakan kesedihan yang sama. 

C. Bersikap Toleran

Toleran adalah kata sifat yang menunjukkan sikap tenggang rasa (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dsb) yang berbeda dengan pendirian sendiri.

Adapun toleransi adalah sikap saling menghormati dan saling bekerja sama di antara kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda, baik secara etnis, bahasa, budaya, politik, maupun agama.

D. Hidup Rukun
Kata rukun berarti baik dan damai; tidak bertengkar, hidup rukun artinya hidup damai dan tidak bertengkar. Hidup rukun sangat dianjurkan oleh agama karena manusia diciptakan oleh Allah SWT bersuku bangsa yang berbeda yang menyebabkan budayanya pun berbeda. Namun, kita diajarkan untuk saling rukun karena dalam pandangan Allah SWT hanya orang bertaqwa yang membedakan satu dengan yang lainnya. Seperti peringatan Allah SWT di dalam QS. Al-Hujurat:13, berbunyi :


Artinya: ”Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah SWT ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti.”


E. Hormat dan Patuh kepada Orang tua, Guru, dan Anggota Keluarga

Kita dianjurkan untuk memiliki rasa hormat, sayang dan patuh kepada orangtua, guru dan anggota keluarga. Orang tua yang memelihari dan membesarkan kita. Guru yang mengajar kita memabaca dan menulis. Sudah sepantasnya kita menghormati dan mematuhi nasihat guru. Allah SWT telah mengingatkan di dalam al-Quran QS. An-Nisaa:36 yaitu:


Artinya: Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri."

Nabi Muhammad SAW pun mendukung untuk berbuat baik kepada orang tua yaitu:


Artinya: ”Barangsiapa yang berbuat baik kepada orang tuanya akan menjadilah ia sebagai orang yang paling baik dan akan dipanjangkan umurnya.” (HR. Bukhari)



PENILAIAN HARIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI (PAI-BP)
Pelajaran 8 " SENANGNYA BERAKHLAK TERPUJI”
Tugas hari Senin, 8 Maret 2021

Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata-kata yang tepat!

1. Prasangka buruk itu adalah sedusta-dusta….

2. Menurut kamus besar bahasa indonesia kata simpati berarti rasa kasih, rasa setuju dan …

3. damai dan tidak bertengkar adalah arti dari …

4. Husnuzzon atau berbaik sangka adalah perbuatan .…

5. Toleransi kita lakukan di .…

6. Nasihat orang tua dan guru harus .…

7. Manusia menciptakan dari laki-laki dan perempuan, kemudian jadikan berbangsa-bangsa dan …

8. Kita harus memiliki rasa hormat, sayang dan patuh kepada orangtua, guru dan ….

9. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan …

10. Orang yang berbuat baik kepada orang tuanya akan dijadikan sebagai orang yang paling baik dan akan …


Kunci Jawaban
1. Ucapan
2. Rasa suka
3. Hidup rukun
4. Terpuji
5. Kelompok masyarakat yang berbeda
6. Ditaati
7. Bersuku-suku
8. Anggota Keluarga
9. Membanggakan diri
10. Dipanjangkan umurnya



No comments:

Post a Comment

SHOLAWAT VERSI SUNDA

SHOLAWAT KAJUNGJUNGAN Sholawat kajungjunan, ieu teh kaunggulan Kasaban kaagungan, eta anu ngungkulan 3X Wajib ka sadayana, terang kaunggulan...